Senin, 31 Desember 2018

7 Makanan Pelancar ASI yang Dianjurkan Untuk Ibu Menyusui



makanan pelancar asi


ASI (air susu ibu) sangat dibutuhkan oleh bayi untuk imunitas dan mendukung tumbuh kembangnya. Untuk itu, anda para ibu menyusui harus selalu memperhatikan kebutuhan bayi terhadap ASI. Pastikan ASI selalu lancar dengan konsumsi makanan yang dianjurkan bagi ibu menyusui. Sudah banyak dibuktikan bahwa makanan yang dikonsumsi ibu menyusui sangat mempengaruhi kelancaran ASI. Oleh sebab itu, pastikan anda mengetahui apa saja makanan pelancar ASI supaya tak salah nantinya.

Makanan Pelancar ASI
Supaya ASI yang akan anda berikan kepada sang buah hati selalu lancar, pastikan anda konsumsi beberapa makanan sehat di bawah ini.

1. Daun Katuk
Sudah sejak lama daun katuk dikenal mampu meningkatkan produksi ASI. Hal ini dikarenakan daun katuk mengandung steroid dan polifenol. Kandungan tersebut bisa meningkatkan kadar prolaktin, yang tak lain adalah hormon yang mampu mempercepat sekaligus memperlancar produksi ASI. Daun katuk ini bisa anda konsumsi dengan menjadikannya sebagai lalapan atau dimasak menjadi sup.

2. Kedelai Jepang
Makanan pelancar ASI lainnya ialah kedelai Jepang atau yang juga dikenal dengan sebutan edamame. Kedelai Jepang ini kaya akan kandungan zat besi, protein nabati, mangan, asam folat, vitamin K, riboflavin, magnesium, vitamin C, kalium, dan fosfor. Dengan kandungan tersebut, anda bisa jadikan kedelai Jepang sebagai salah satu sumber protein. Perlu diketahui, ibu menyusui membutuhkan protein sebanyak 65 gram setiap harinya.

3. Oatmeal
Oatmeal juga bisa anda konsumsi untuk meningkatkan produksi ASI secara signifikan. Makanan yang satu ini mengandung asam amino triptofan yang bisa membantu melepaskan oksitosin yang populer disebut sebagai hormon bahagia. Tak hanya itu, kandungan ini juga bisa memberikan efek menenangkan. Oleh sebab itu, oatmeal terbukti bisa membantu ibu menyusui dalam mengurangi rasa stres sehingga berdampak pada kelancaran produksi ASI.

4. Bunga Pepaya
Produksi ASI juga bisa lancar apabila anda konsumsi bunga pepaya. Hal ini dikarenakan bunga pepaya kaya akan kandungan vitamin A, vitamin C, fosfor, kalsium, dan enzim papain. Enzim papain itu sendiri mampu mempercepat proses pencernaan protein. Lebih berkhasiat lagi, bunga pepaya yang berwarna kuning pucat bisa merangsang nafsu makan.

Related Posts

7 Makanan Pelancar ASI yang Dianjurkan Untuk Ibu Menyusui
4/ 5
Oleh