Senin, 07 Januari 2019

Jokowi-Ma'ruf Amin Siap Debat Pilpres 2019 Perdana


Jokowi Ma’ruf Amin

Jokowi Ma’ruf Amin menyatakan kesiapan mereka untuk maju Debat Pilpres 2019 putaran pertama 17 Januari 2019 nanti. Pernyataan itu dipertegas oleh sang Cawapres secara langsung saja sebagai wujud konsistensi sebagai Paslon capres-cawapres nomor urut satu. Tidak ada alasan untuk tidak siap karena pengalaman dari capres sendiri, presiden Jokowi, sudah sangat banyak.

Tema debat yang mencakup hukum, HAM, dan terorisme bukan menjadi tema yang perlu ditakuti, karena ketiga tema tersebut adalah tema yang banyak menjadi tema kehidupan berbangsa dan bernegara. Ketiga tema tersebut pun sudah cukup dikuasai oleh Paslon ini dengan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki. Program kerja pun juga udah siap untuk disampaikan kepada seluruh rakyat Indonesia yang akan live menonton acara Debat Pilpres 2019 ini.

Bahkan Ma'ruf Amin juga menyatakan kepada m.merdeka.com kalau pihaknya sudah menguasai materi yang ada di Debat Pilpres perdana mendatang. Ada Erick Thohir yang datang untuk memberikan masukan dan gambaran akan materi debat nanti itu. Dia adalah pembawa acara Debat Pilpres 2019 yang akan mengemudikan arah acara debat nantinya.

Paslin capres-cawapres Jokowi Ma’ruf Amin pun juga sudah siap dengan berbagai pertanyaan terkait tema yang diangkat dalam Debat Pilpres 2019 nanti itu. Semua jawaban sudah disiapkan, tinggal menyampaikan sesuai dengan pertanyaan yang akan dihadapi nantinya saat debat berlangsung.

Namun jawaban-jawaban yang telah dipersiapkan tersebut bukanlah jawaban final. Di mana nanti pada saat debat berlangsung akan berkembang jawabannya. Bisa jadi berbeda. Kreativitas setiap Paslon akan diuji dalam menyampaikan jawaban karena bentuk jawaban bukan hanya dalam bentuk kalimat-kalimat jawaban semata, melainkan harus disampaikan dengan hati-hati dan penuh dengan pertimbangan. Jawaban yang rasional dan disesuaikan dengan program kerja harus dilakukan. Jangan sampai isinya berupa janji-janji.

Pemberian gambaran pertanyaan Debat Pilpres 2019 oleh pemandu acaranya itu bukanlah sebuah bocoran, melainkan untuk memudahkan, tegas Ma’aruf Amin, cawapres Paslon  Jokowi Ma’ruf Amin. Rekan Jokowi ini sangat bersyukur dengan diberikannya kisi-kisi pertanyaan dari Erick Thohir, karena secara tidak langsung mereka sudah mendapatkan gambaran tentang jalannya Debat nanti.

Walaupun sebenarnya pertanyaan-pertanyaan tersebut belum tahu ditujukan untuk siapa, apakah untuk Paslon capres-cawapres Jokowi-Ma'ruf Amin atau untuk Paslon  capres-cawapres Prabowo-Sandi. Ini dikarenakan pertanyaan yang disampaikan adalah pertanyaan secara umum.

Jumlah dari pertanyaan yang akan didapatkan lelah setiap Paslon pada saat Debat Pilpres 2019 sangatlah banyak. Semua pertanyaan sifatnya sangat mendalam, sehingga akan dikupas tuntas dengan sanggahan dan pertanyaan dari Paslon lawan.

Menanggapi hal tersebut, Jokowi Ma’ruf Amin akan lebih intens dalam bertemu. Pertemuan-pertemuan tersebut akan diagendakan dengan isi perundingan dan pendalaman materi Debat. Apalagi tema yang diangkat dalam Debat Pilpres 2019 perdana ini sangat krusial. Keduanya harus bisa menyusun kata-kata dengan efektif sehingga menghasilkan kalimat jawaban yang mudah dipahami dan tidak bermakna ambigu.

Di dalam pertemuan tersebut, bukan hanya akan berunding sudah saja yang akan dilakukan oleh Joko Widodo dan Ma’aruf Amin. Mereka juga akan melakukan simulasi debat. Ini dilakukan sebagai latihan dalam melakukan Debat Pilpres 219. Ma'ruf membenarkan hal tersebut dengan pengakuannya di mana.tribunnews.com. Di mana dirinya bersama Presiden akan melakukan simulasi debat berkali-kali agar lebih siap menghadapi Debat Pilpres perdana 11 hari lagi.

Keadaan dibuat seolah-olah mereka memang sedang live debat. Pertanyaan-pertanyaan yang dipakai pun sudah disesuaikan dengan materi yang didapat dari Erick. Tambah Ma'ruf.

Paslon Jokowi Ma’ruf Aminjuga tidak mau kalah dengan Paslon lawannya untuk memberikan penampilan terbaiknya saat debat Pilpres 2019 nanti. Untuk itulah peranan untuk menghadapi debat dilakukan dengan semaksimal mungkin.

Related Posts

Jokowi-Ma'ruf Amin Siap Debat Pilpres 2019 Perdana
4/ 5
Oleh